4 Hal yg Wajib diketahui Sufi

Jalan cinta yang dilalui para Sufi tidaklah begitu berarti jika kita bandingkan dengan kebiasaan survive manusia pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah metode yang dipakai. Seorang Sufi bukanlah satu-satunya orang suci di muka bumi ini tetapi dianyalah hanya salah satu metode dalam melihat diri manusia apa adanya dan padanya ada berkah yang luar biasa terutama dalam mentranformasikan Ayat Allah ke dunia nyata. Inilah jalan bagi para pencari Tuhan.

Namun, di tengah-tengah perjalanan pastilah tidak semudah dipikirkan dalam melaluinya. Banyak godaan di dalamnya. Maka dari itu, ada 4 hal yang wajib diketahui seorang Sufi dalam perjalanannya tersebut yaitu :

1. Mengenal Allah SWT

Mengenal dalam arti lebih dari sekedar mengetahui. Kita mengenal seseorang berarti kita telh pernah bersua atau setidaknya mengetahui dimana tinggalnya dan pernah bersingungan langsung dengannya baik secara langsung maupun memakai perantara. Begitu pun dengan Allah. Semasa hidup kita, kita haruslah memberikan waktu yang banyak untuk bisa mengenal Allah SWT. Ada Al Quran yang telah menjelaskan secara detail tentang Allah, ada Hadits, ada Ulama.

Namun, setelah semua itu belum menjawab semua pertanyaan kita maka satu-satunya jalan untuk mendapatkan jawaban siapa Allah itu maka Jawaban itu harus bersumber langsung dari Allah sendiri. Melalui Kehendak-Nya maka Allah sendiri yang akan memperkenalkan diri-Nya kepada kita hamba sahaya ini. Subhanallah.

2. Mengenal Diri

Sehabis mengenal Allah, Iblis masih bisa menggoda kita. Untuk itu, layak rasanya kita mengenal diri sendiri, di bagian mana Iblis bisa menggoda kita? Ternyata bagin sensitif yang mampu diraih oleh iblis adalah Nafsu kita, keinginan yang berlebih-lebihan kita menjadi kendaraannya dalam menguasai kita dan mebiarkan diri kita terjatuh dalam maksiat dan dosa yang berkepanjangan.

Setelah kita ketahui bahwa Nafsulah yang menjadi sasaran empuk Iblis, maka kita pu harus mencari tameng yang ampuh untuk membentengi nafsu atau jiwa kita dari serangan Iblis ini. Dan satu-satunya yang bisa membentengi nafsu di Hati adalah Dzikirullah.

3. Mengenal Perintah dan Larangan Allah

Seorang Sufi tidak boleh berhenti hanya pada dirinya sendiri tetapi semua perintah Allah pun harus dikenalnya dengan baik dan diajarkan pula kepada siapa pun yang ditakdirkan hidup bersama kita. Laranga-Nya pun menjadi hal yang wajib dikenal agar dengan mudah kita hindari dan carikan solusinya.

4. Mengenal Musuh-musuh Allah

Setelah semuanya selesai maka sebagai Umat dan Hamba maka sewajibnya kita memusuhi dari Musuh Allah SWT.

Hanya kepada Allah-lah kita akan kembali. Semoga kita kembali dengan seruan yang lembut “..hai orang-orang yang tenang jiwanya….masuklah kedalam surgaKu…”. Amin ya Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s