Teka-teki Kehidupan

Siapa yang mampu memahami arti dari hidup ini selain mereka yang telah menyelam dalam samudera spiritual kehidupan. Keabadian menjadikan sesuatu tidak mengalami perubahan, sedangkan kehidupan tiadalah yang abadi maka perubahan senantiasa menghampirinya. Siapa yang mampu menebak perubahan itu? Akankah indah pada waktunya dan menjadi kejutan bagi mereka yang belum merancang dan menduga hidupnya di hari esok. Namun mereka yang aktif mencerna energi dan daya yang diperolehnya, pastilah dia telah membuat garis hidupnya untuk hari esok.

Dimana letak teka-teki kehidupan itu? Cobalah lihat mereka yang hidup patilah akan mendapat kematian. Mereka yang ketakutan akan kelaparan akan terus mengejar sumber kehidupan duniawi. Kenapa rute ini yang sering yang kita lihat? Apakah tiada jalan lain menuju kefanaan diri?

Mengerti akan teka-teki ini pun tidak menjamin kita bisa keluar darinya. Ada banyak yang menyita perasaan dan pikiran kita. Mulai dari rasa senang, sedih hingga pikiran yang menantang. Inilah yang menemani hidup kita sepanjang waktu. Kita terkadang jemu melihatnya dan ingin keluar dari takdir manusia ini dan melakukan sesuatu yang berbeda. Tetapi apa yang terjadi? Seperti roda pada sepeda, terkadang kita di atas dan sering pula ada dibawah agar sepeda itu berjalan, agar hidup itu berjalan kita harus berada secara bergantian di atas dan di bawah, miskin dan kaya, sukses dan gagal adalah pasangan yang harus kita miliki akan kendaraan hidup kita tetap berjalan. Inilah teka-teki kehidupan yang takkan berakhir walaupun kita telah jauh meninggalkannya. Hanya cukup dengan mengisi sebagian dan meninggalkan sebagian yang mampu kita lakukan.

Dalam dosa ada taubat, dalam kesedihan ada kegemaran yang mampu mengusirnya. Ada pasangan hidup, ada nafsu, ada seks, ada pikiran, semuanya meramu hidup manusia menjadi pelaku utama di muka bumi ini. Ada galaksi yang menampung kita, namun semuanya tergambar di pikiran kita bahwa, semua ini adalah teka-teki kehidupan yang tidak hanya sekedar untuk dipecahkan tetapi harus dilewati dengan tanpa berada dalam lingkaran syetan.

2 thoughts on “Teka-teki Kehidupan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s