Bacalah dan Berpikirlah!

Bacalah dan Berpikirlah! Dua konsep perintah ini terukir baik dalam Al Quran, Kitab suci sumber segala ilmu pengetahuan. Jadi sangatlah beruntung umat Islam yang mampu mengaplikasikan dua perintah diatas. Perintah Bacalah tertera dalam kata Iqra, dmana ayat pertama inilah yang diturunkan pertama kali di dunia ini untuk seluruh umat manusia. Mengapa kita disuruh membaca? Disinilah letak fungsi kita selanjutnya yaitu berpikirlah yang tertulis dalam kata Yatafakkarun.

Kita beragama adalah sesuatu yang wajib. Mengikuti syarat dan rukunnya haruslah menjadi rutinitas kita dikarenakan sifat dan watak manusia berada diantara rendahnya hidup binatang dan mulyanya hidup malaikat. Maka dari itu dibutuhkan lebih dari sebuah pelaksanaan sistem untuk menempa diri kita ini. Maka muncullah Ibadah Sholat, Dzikir, Puasa, Sedekah dan Haji. Kesemuanya itu untuk menempa rohani dan spiritual kita. Namun, kesemua itu akan jauh lebih bermakna saat kita memahami makna Al Quran memerintahkan kita untuk memakai karunia terbesar dari tubuh jasmani dan rohani kita yaitu belajar memahami kejadian-kejadian di alam sekitar dan menemukan jawabannya agar iman dalam tauhid kita semakin kental.

Membaca pertanda alam dari makro hingga skala mikrokopis akan merangsang tingkat kesadaran kita. Dan jika seorang umat Islam yang memiliki tingkat kesadaran yang tinggi maka dialah yang patut kita jadikan pemimpin dan khalifah di muka bumi ini.

Semoga pada konsep berpikir, umat Islam bisa bangkit dari keterpurukan Ilmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s