4 Langkah Sederhana untuk Mengubah Kebiasaan

Setiap orang dari kita mempunyai kebiasaan baik dan buruk, kebiasaan dan perilaku yang kita telah mengambil dan terbentuk dari masa kecil kita. Kebiasaan (baik dan buruk) telah hidup dalam diri kita dan mereka mendikte cara kita bertindak bahkan tanpa kita menyadarinya. Tentu saja, kabar baiknya adalah bahwa kita bisa memelihara kebiasaan yang baik dan istirahatkan yang buruk.

Perhatikan bahwa menurut beberapa ahli perilaku, kebiasaan dapat dikembangkan dan dipelihara dalam 4 minggu, yang berarti bahwa jika kita melakukan rutinitas tertentu lagi dan lagi selama 4 minggu, kami mungkin akan mengambil rutinitas sebagai kebiasaan kita. Oleh karena itu, penting bahwa kita sadar jenis kebiasaan yang kita bangun dalam diri kita.

Berikut adalah beberapa tips dan teknik yang dapat Anda ikuti untuk membantu Anda mengembangkan dan memelihara kebiasaan yang baik:

1. Suntikkan pernyataan positif ke dalam pikiran bawah sadar Anda lagi dan lagi. Misalnya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan hanya mengatakan pada diri sendiri bahwa “Anda ingin menurunkan berat badan”. Tapi, mengatakan sesuatu seperti: “Saya harus memilih diet yang sehat, saya harus berolahraga secara teratur, dan saya harus istirahat dengan baik di malam hari”. Jika Anda mengatakan hal-hal di atas dan lebih lagi untuk diri sendiri, Anda akan menemukan bahwa mereka menjadi sifat kedua dan Anda akan melakukan apa yang Anda katakan secara otomatis. Ini adalah teknik namun sangat kuat sangat sederhana mengembangkan kebiasaan. Tentu saja, hati-hati bahwa teknik ini juga dapat bekerja dengan cara kedua, artinya juga bisa digunakan untuk mengembangkan kebiasaan buruk. Jadi, jika Anda menggunakan teknik ini, pastikan Anda memelihara kebiasaan yang baik!

2. Tentukan perilaku pengganti. (Jika tujuan Anda adalah untuk mengembangkan kebiasaan baru maka perilaku pengganti Anda akan tujuan itu sendiri.) Langkah ini sangat penting ketika Anda mencoba untuk istirahatkan kebiasaan buruk. Jika Anda ingin menghentikan perilaku, Anda harus memiliki perilaku yang superior untuk menggantikannya. Jika Anda tidak memilikinya, maka pola perilaku lama akan kembali. Sebagai contoh, jika anda biasanya bungkuk di sofa dan menonton TV setelah makan malam, biasakan untuk pergi keluar dan berjalan kaki selama 15 menit sebagai gantinya.

3. Posting pengingat untuk diri sendiri. Anda dapat melakukan hal ini dengan meninggalkan catatan sendiri di tempat di mana perilaku tersebut biasanya terjadi. Atau Anda dapat meninggalkan pesan sendiri di cermin, kulkas, monitor komputer atau tempat lain di mana Anda akan melihat secara teratur. Anda juga dapat memiliki anggota keluarga atau rekan kerja menggunakan frase tertentu untuk mengingatkan Anda tentang tujuan Anda dan berkeinginan untuk menghentikan kebiasaan buruk Anda.

4. Dapatkan beberapa teman yang memiliki pola pikir yang sama dengan Anda dan seseorang yang juga menentukan untuk menghentikan kebiasaan buruk mereka. Lakukan ini bersama-sama atau dalam kelompok. Ini mempunyai keuntungan yang besar karena kalian bisa mendorong dan mengingatkan satu sama lain. Teknik ini sangat efektif terutama bagi mereka yang menikmati bertemu dengan sekelompok teman positif.

Ini hanya beberapa teknik atau tips yang dapat Anda ikuti untuk mengembangkan atau istirahatkan kebiasaan buruk. Mereka sangat sederhana untuk mengikuti tetapi sangat efektif. Sebagai pengingat akhir, kebiasaan mengambil waktu untuk memilikinya, tetapi sekali Anda mendapatkan mereka ke dalam diri Anda, mereka sulit untuk hilang. Jadi, pastikan Anda mendapatkan yang baik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s