Sholat itu adalah Sebuah Penyembahan

Sholat adalah penyembahan kepada Sesuatu Yang Tak Terbatas, itulah Allah SWT. Coba lihat gerakan dari Sholat itu, 4 gerakan dasarnya menandakan sebuah proses menyembah, menghormati dan takut. Mulai dari sikap berdiri dan tangan dilipat di dada menandakan kita ini harus sopan, karena kejahilan itu berasal dari tangan. Bagaimana yang lainnya?

Gerakan menunduk atau rukuk menandakan kita menghormati sesuatu yang berada lebih tinggi dari kita. Itu menandakan kita takut kepadanya, namun takut dalam arti harus kita patuhi dan dekati. Ini semua adalah ritual penyembahan kepada Tuhan yang Esa. Gerakan Sujud menandakan puncak penyembahan kita. Sesuatu yang harus dan wajib diadakan bahwa kita betul-betul seorang yang diciptakan sebagai hamba oleh Penciptanya.

Mengapa ini saya ungkap? Agar kita tidak memaknai Sholat sebagai sesuatu yang bisa mendatangkan banyak kekayaan. Sholat itu sebagai Tanda bahwa Anda sebagai Muslim sudah melakukan penyembahan kepada Tuhan sebanyak 5 kali sehari. Anda boleh bebas dari hamba saat Gerakan Duduk dalam Sholat. Disitulah Anda akan disejajarkan dengan para manusia lainnya yang memiliki kewajiban yang sama di hadapan Allah SWT.

Sholat itu sekali lagi adalah menyembah, dan Anda harus menyembah Tuhan dalam bentuk Sholat. Dengan ke-4 Gerakan dasar itu maka, Anda telah menghadap kepada sesuatu yang Tak Terbatas itulah Allah SWT. Sulit dibahasakan namun, bagi Anda yang hilang pikiran tentang Sholat maka artikel inilah jawabannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s