Menjadi Kreatif

Apakah kita harus menjadi kreatif baru dikatakan manusia? Jawabannya tidak karena setiap orang pada dasarnya adalah sudah kreatif. Menurut profesor psikologi dan pendidikan Keith Sawyer, Ph.D, kreativitas bukan suatu ciri kepribadian seperti halnya IQ. Kreativitas lebih didasarkan pada proses-proses otak sehari-hari. Artinya, kreativitas bisa diusahakan atau dilatihkan.

Keith menawarkan tiga cara mudah untuk menjadi orang yang lebih kreatif:

1. Lihatlah ke dalam diri, dan cobalah membuka sumbat proses otak sehari-hari. Salah satu caranya dengan menggabungkan dua konsep atau ide dalam pikiran yang tadinya sama sekali tidak berhubungan. Semakin Anda mampu menggabungkan dua konsep yang hubungannya tampak jauh atau bahkan sama sekali tidak berkaitan, semakin kreatiflah kita.

2. Mengasah kreativitas dengan memperbanyak diskusi dengan orang lain. Lalu berkolaborasi dan berdikusi menggodok ide/konsep. Baru kemudian formulasi atau rumuskan ide menjadi lebih tajam/fokus.

3. Berpikir di luar kebiasaan (think out of box). Artinya, berpikirlah melewati kerangka berpikir yang selama ini terbentuk. Latihan ini akan membuat Anda terbiasa melihat sesuatu (benda atau permasalahan) secara berbeda.

Sumber : http://majalahqalam.com/tips/cara-mudah-menjadi-kreatif/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s