Berpetualang Hari ini

Haruskah kita di gunung dan di hutan baru dikatakan berpetualang? Bagi saya, jawabannya tidak harus. Mengapa? Bukankah petualang itu identik dengan alam dan fenomenanya yang dilihat langsung? Ya…memang benar tetapi sejauh apa defenisi kita tentang alam dan fenomenanya. Banyak hal yang harus dipikirkan hari ini maka dengan sendirinya Anda telah menciptakan lahan untuk arena petualangan Anda.

Petualangan selalu identik dengan tersesat, begitu pun dengan perjalanan pikiran kita menghadapi suatu masalah, terkadang kita tersesat dan melampiaskan pada sesuatu benda. Itulah petualangan yang kita jalani setiap hari namun kita tidak sadari untuk menyiapkan kompas hidup agar kita dapat menentukan jalan kembali yaitu jalan solusi.

Tidak dipungkiri setiap hari kita telah mengundang masalah ke dalam hidup kita walapun hari-hari itu terus berulang dalm keadaan yang sama. Masalahlah yang membuat hari-hari kita berbeda. Ada beberapa orang yang bijak menghadapi setiap masalahnya satu per satu dan ada pula diantara mereka yang selalu jatuh pada lubang yang sama dan terhanyut pada arus sungai yang sama pula.

Teknik berpetualangan harus kita miliki, ya…setidaknya konsep survivalnya. Di saat kita telah kehabisan bekal hidup maka kita harus bisa memanfaatkan potensi dalam diri untuk menghasilkan sesuatu yang bisa melanjutkan napas hidup ini. Terkadang kita mengandalkan pertolongan keluarga, namun dalam keadaan seperti ini, keluarga kita cut untuk sementara dan kita melangkah mandiri mengenal fenomena alam diri sendiri.

Ini sangat penting buat para pemuda yang siap menjadi pemimpin di era cyber ini. Era petualangan klasik mulai ditinggalkan satu persatu pencintanya. Kebanyakan dari mereka menjalani petualangan cyber sambil duduk seharian dengan tanpa ada usikan dari pihak luar untuk mengganggu eksistensi pribadinya. Maka dari itu, wujudkan petualangan Anda sendiri hari ini agar Anda dapat bertahan hidup ke depan. Lihat orang disekeliling kita sebagai satu kesatuan grup petualang yang setiap saat akan menjadi partner hidup kita. Hindari menganggap remeh orang lain. Karena pada saat kita terkena musibah, rumput pun bisa menjadi alat pertolongan saat kita terhanyutkan arus kehidupan.

Ini tentang indahnya petualang. Dimana akan ada jejak pada setiap tempat yang kita datangi. Jejak waktulah yang sulit kita beli di mall-mall modern. Maka dari itu, langkahkan kaki ini sejauh mungkin dalam sehari. Biarkan dia merasa daamai dalam fungsinya mengantar Anda pada tujuan yang Anda kehendaki bersama.

Alam dan fenomenanya telah ada tergambar dalam hati sanubari setiap orang. Hanya terkadang pengrusakan dini sering pula terjadi di dalam diri kita sehingga berefek ke luar ke lingkungan kita. Semoga Anda terjaga dalam mimpi-mimpi indah kita. Selamat berpetualang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s