Belajar memberi Hukuman

Pernahkah Anda dihukum oleh Bos Anda? Saya pernah, malah dipecat dengan 14 alasan yang saya tidak mengerti. Apakah karena kinerja saya? Jawabannya bukan, tapi lebih dari sekedar ketidak sesuaian keadaan dengan situasi pribadi dengan karyawan banyak. Namun yang menjadi titik poin disini adalah, bagaimana seandainya Anda sebagai Bos dan akan menghukum bawahannya, apa yang seharusnya Anda lakukan?

Beberapa pengalaman kerja yang saya lihat, terkadang kita akan dihadapkan pada proses tangan besi. Apakah ini salah? Jawabannya belum tentu, ini tergantung kondisi penggunaan sistem. Tidak ada hukuman pun juga bisa berefek negatif karena tidak ada proses penegakan aturan yang ada, maka dari itu, proses menghukum harus tetap ada dan disesuaikan dengan lingkungan dan etika bekerja.

Bagaimana seandainya orang yang akan dihukum memiliki pengaruh yang besar terhadap suatu lembaga? Ya tentu saja kita harus menghargai jasa-jasa mereka, lakukan pendekatan persuasif karena pada dasarnya suatu lembaga hancur bukan karena faktor dari luar tetapi faktor dari dalam. Dan manajemenlah yang harus tetap konsisten terhadap sistem yang berjalan. Berilah hukuman sesuai porsir setip orang. Itulah menurut saya arti keadilan.

Mungkin ini bukanlah salah satu rujukan tetapi ini hanya sebuah perbandingan dimana proses belajar selalu ditempatkan diurutan pertama. Karena kita hidup memang dituntut terus belajar terhadap perubahan alam dan manusia itu sendiri. Manusia memiliki banyak hal untuk dihargai namun banyak hal pula yang harus diperbaiki. Untuk itu, hukuman yang setimpal dan terarah akan menjadikan suatu lembaga belajar untuk menjadi besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s