Haruskah berakhir disini?

Mari kita membuka bulan ini dengan kalimat ” Haruskah berakhir disini?”. Mengapa pertanyaan ini muncul? Karena kita sebagian besar penduduk Indonesia masih familiar dengan kata-kata negatif penuh pesimis. Pertanyaan diatas saya tujukan untuk diri sendiri dan siapa pun yang membutuhkan. Saya tidak akan mengajari kalian walaupun pada dasarnya, saya telah mengajarkan diri saya sendiri apa makna dibalik Haruskah, Berakhir, disini.

Saya akan mengupasnya satu persatu. Kata Haruskah, berarti dalam diri ini ada pribadi-pribadi yang saling bertentangan, Anda sadari atau tidak, pertentangan ini sering muncul dan telah lama adanya. Pribadi A menarik Anda ke perubahan hidup sedangkan pribadi B mengajak Anda untuk tidak berbuat apa-apa. Antara A dan B ini membuat Anda sendiri bimbang bercampur ragu-ragu akan kesanggupan bakat dan potensi Anda sendiri apakah Anda bisa melakukan sesuatu ke depan! Dan jika Anda mengalahkan jiwa B maka Jiwa C yang lain kembali bertanya Haruskah Anda melakukannya? Kenapa bukan orang lain saja! Wah…sungguh repot dalam jiwa kita ini. Maka dari itu Anda harus mengenal diri Anda sendiri sebelum melakukan tindakan sekecil apa pun itu. Namun satu pesan saya yang sempat saya jadikan profil saya pada salah satu jejaring sosial tak ada kata, hanya tindakan, artinya apa? Yaitu, mengenal diri sendiri bukan lewat kata-kata tetapi lewat tindakan. Mungkin dimulai dari tindakan yang sembrono hingga yang lebih terarah.

Kata kedua, berakhir, ada kata akhir berarti ada kata awal. Sesuatu yang akan diakhiri pastilah memiliki awal yang terencana. Kalau Anda bertanya ingin mengakhiri, maka bertanyalah kembali, sejak kapan Anda memulainya? Jika memang Anda sadar bahwa sesuatu yang Anda mulai itu sangat berharga adanya, saya yakin, Anda pasti merasa sia-sia untuk segera mengakhirinya. Gagal pada cara pertama bukan berarti akan gagal pada cara keduanya. Akhir itu bukan bagian dari proses tetapi mengawali adalah proses utama dalam siklus kesuksesan. Anda harus dalam keadaan sadar dalam memulai sesuatu perwujudan dari ide mimpi-mimpi Anda. Kenapa harus dalam keadaan sadar? Supaya seluruh jiwa-jiwa muda dalam diri Anda ikut mengatakan “pasti bisa” diwujudkan.

Kata terakhir, disini. Ini masalah ruang. Dan jika kita mengatakan ruang maka Anda masih beruntung karena masih memiliki waktu. Dan karena waktu itu dinilai sangat berharga maka sangatlah sia-sia jika Anda tidak segera meningkatkan potensi berpikir Anda saat ini dan disini. Saya yakin Anda butuh sesuatu yang lebih berharga untuk mengganti suatu proses yang telah lama berjalan. Namun, jangan segan-segan melakukan perubahan jika hal itu memang dibutuhkan. Sekali lagi, ini untuk saya pribadi. Bukan untuk menggurui Anda sekalian. Salam karya.

Leave a Reply

