The Power of "Pemuda"

Lomba Pidato oleh Speedy dan Tribun Timur

Speedy dan Tribun Timur merupakan dua perusahaan yang telah berkembang pesat memajukan nilai kualitas pemuda di tanah air ini. Speedy berperan penting dalam menyediakan sarana dan prasarana teknologi berselancar di internet. Berkat Speedy, setiap rumah-rumah yang berisikan para pemuda-pemudi telah mampu mengakses banyak wawasan, informasi dan bahkan ilmu pengetahuan dalam sekejap mata. Sedangkan Tribun Timur adalah salah satu koran harian terkemuka baik ofline maupun online di Makassar ini secara khusus maupun Sulawesi Selatan secara Umum bahkan secara nasional dan internasional. Ini membawa kepada Anda berita terbaru di hampir setiap bidang – Politik, shopping, Komunitas, Info kampus, Kesehatan, Public service, Bursa kerja, Olahraga bahkan Seputar Haji. Anda bisa mendapatkan semua update terbaru dari apa yang terjadi di seluruh Makassar dan Sulselbar di sini, dan dapat mengetahui tentang tren terbaru yang mengambil alih dunia melalui fitur Seleb Life style-nya. Namun, Speedy dan Tribun Timur bukan hanya tentang teknologi dan berita. Mereka lebih penting, media untuk suara pemuda. Hal ini memungkinkan para pemuda untuk menyuarakan apa yang mereka rasakan tentang berbagai subyek, terutama hal-hal yang telah terjadi berupa demo pada saat kedatangan Bapak Presiden ke Makassar beberapa hari yang lalu.

Para Pemuda yang Super Power

Para pemuda dari sebuah negara besar dan demokratis seperti Indonesia memiliki banyak kekuasaan. Mereka bisa mengubah apa pun yang mereka inginkan, dan dapat mengatur masa depan negara ini. Rasa suka dan tidak suka para pemuda sering dipandang sangat serius. Hal ini terutama karena dua alasan. Pertama mereka warga masa depan negara, kepentingan mereka akan mengatur apa yang mereka harapkan dari pemerintah di masa mendatang. Jadi, jika pemerintah ingin mempertahankan kekuasaannya untuk waktu yang lama, mereka sangat perlu mempertimbangkan apa yang para pemuda pikirkan.Kedua, pemuda adalah sekelompok orang yang dinamis. Mereka masih muda, dan memiliki banyak energi. Pikiran mereka masih idealis dan mereka masih memiliki kemampuan untuk bermimpi besar. Berbeda dengan orang tua, yang ide-idenya menjadi lebih kaku, pemuda masih dalam proses identifikasi “siapa mereka” dan “apa yang mereka suka”. Mereka tidak memiliki tanggung jawab, dan benar-benar bebas untuk mengejar impian mereka.

Suara Pemuda yang saya banggakan

Tetapi pemuda Indonesia sering tidak menemukan platform untuk meningkatkan suara mereka. Dunia saat ini telah berubah. Tidak ada lagi yang dapat Anda harapkan untuk hanya berdiri di tengah jalan dengan sekelompok teman-teman, dan suara keluar apa yang Anda sukai. Dunia modern terlalu sibuk asyik di komputer mereka. Pemuda menemukan internet tempat yang bagus untuk menjadi kesibukan sana-sini, mereka dapat benar-benar sendiri. Mereka tidak harus mengalah pada tekanan siapa pun. Mereka benar-benar bebas untuk melakukan apa yang mereka inginkan, dan dapat memiliki kepribadian sendiri. Jadi, internet dalam hal ini Speedy sebagai jasa penyedia layanan ini telah menjadi media yang sangat kuat di mana pemuda bisa menyuarakan pendapat mereka.

Tapi kenyataan berkata lain. Anda tidak bisa benar-benar berharap untuk melakukan banyak perubahan dengan hanya mengatakan apa yang Anda pikirkan pada kelompok teman-teman Anda sendiri. Anda perlu mencari cara untuk menjangkau lebih banyak orang, bahkan mereka yang Anda tidak tahu. Dan ini persis apa yang media Tribun Timur lakukan untuk Anda. tribun Timur telah memberitakan aspirasi Anda secara gamblang sehingga para pembaca tribun Timur mulai dari kota hingga sampai pelosok dapat mengerti dan mengikuti keinginan segar kalian. Anda dapat menjangkau ratusan orang di seluruh pelosok dan negara, dan biarkan mereka tahu apa yang Anda rasakan tentang masalah negara kita ini. Jika Anda memiliki sesuatu untuk dikatakan, atau Anda merasa sangat kuat tentang suatu masalah, Speedy melalui jasa internetnya dan Tribun Timur adalah cara sempurna bagi Anda untuk melakukannya. Anda mungkin akan terkejut betapa banyak orang kemudian setuju dengan Anda. Selain ini, jika Anda memiliki bakat baik untuk menulis, artikel Anda juga akan dihargai karena banding sastra mereka. Ini adalah tempat yang sempurna bagi penulis.

Para Pemuda yang memiliki Jiwa pembaharu

Apa lagi yang kita inginkan saat ini selain kebebasan untuk bersuara dan menyalurkan aspirasi. Setelah itu, Anda telah mendapat gelar di bangku perkuliahan maka kejarlah mimpimu untuk membangun dan mengisi kemerdekaan bangsa kita ini. Mengapa banyak pengangguran di negara ini? Apakah ini salah pemimpin kita? atau ini salah orang tua kita? Atau kitalah yang salah memilih? Jawabannya pastilah beragam. Semuanya terlibat. Proses berpikir kita yang menjadikan kita lemah menghadapi persaingan globalisasi dimana kualitas pemikiran dan skill kita terlampau jauh dari sumber daya orang luar dan akhirnya kita tersisih dan akhirnya kita menjadi pekerja serabutan yang nota bene tidak sesuai dengan catatan ijazah kita. Inikah akhir dari segalanya? Tidak 100%, mungkin sekarang ini saatnya kita menyimak isi dari Sumpah Pemuda itu :

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928

Inilah awal kita untuk melakukan pembaharuan kembali karena kita adalah generasi terbaru. Belum ada cacat dalam pikiran kita, tangan kita masih segar untuk berkarya. Jiwa kita belum ternoda untuk menatap masa depan yang lebih cerah. Kita adalah mutiara yang walaupun tercebur ke dalam lumpur sekalipun kita tetaplah sebuah mutiara yang indah. Mutiara Pemuda yang siap menghasilkan karya termahalnya yang akan membawa bangsa ini sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini.

Hentikan keluh kasian kalian. Bukalah lapangan kerja baru. Bangkit dari keterikatan perusahaan asing maupun subsidi dari pemerintah. Bentuk masa depan kita sendiri. Jaring para pemuda yang lain membentuk sebuah kekuatan mesin canggih untuk memproduksi karya-karya mutakhir yang akan mencengangkan dunia. Apa yang Anda fokuskan dalam pikiran Anda maka itulah yang akan terwujud, terlepas Anda suka atau tidak. Maka dari itu pada kesempatan ini, saya mengajak para teman-teman pemuda, untuk mulai mengasah bakat sendiri karena Anda memiliki bakat yang lebih dari sekedar yang terlihat. Anda juga memiliki bakat yang tersimpan. Ini adalah bakat pengetahuan Anda bahwa Anda memilikinya tetapi Anda tidak menggunakannya. Alasan untuk hal ini adalah sering alasan seperti “Saya terlalu sibuk, saya tidak berani, aku tidak yakin apakah aku cukup baik pada saat itu, aku takut untuk membuat diriku sendiri, aku terlalu tua untuk mulai sekarang, “dan seterusnya. Alasan lain bisa jadi Anda takut, hidup Anda mungkin mengambil giliran yang sama sekali berbeda saat Anda mulai memfokuskan pada bakat Anda!

Satu pesan saya kepada teman-teman pemuda sekalian yaitu “Menabur pikiran dan Anda menuai tindakan. Menabur tindakan dan Anda menuai kebiasaan. Menuai kebiasaan dan Anda akan menabur karakter. Menabur karakter dan Anda akan menuai nasib.” Semoga nasib kita mampu dibentuk melalui tangan kita sendiri. Salam dahsyat, salam Pemuda.

Penulis : ASRUL
No.KTP : 737102 291284 0006
Alamat : Jl. Cendrawasih No.12 Makassar Kode Pos: 90125
No.HP : 085299269561
Email : asrul.sirajuddin@yahoo.com
Blog : http://as-shufi.blogspot.com/2010/10/power-of-pemuda.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s