Berdamailah…

…dengan apa yang Anda miliki dan tidak dimiliki. Karena sesungguhnya hakikat dari kepemilikan itu bukanlah dari kita tetapi dari Allah SWT. Semua yang datang ke kita itu adalah semuanya titipan, mulai dari harta benda, karir, jabatan, anak dan keluarga, semua itu adalah sesuatu yang semi-dimiliki. Kita memilikinya sekarang untuk dipertanggungjawabkannya di kemudian hari.

Maka dari itu, berdamailah dengan harta Anda, berdamailah dengan Karir Anda, hingga suatu hari nanti hal tersebut harus bertambah atau llenyap dari hadapanmu. Tataplah hidup ini sebagai ladang energi, dimana setiap saat, kesuksesan itu bisa kita panggil dan bisa kita lepas.

Kita tidak mampu mempertahankan sesuatu yang kita miliki, kita hanya mampu menambahnya atau menguranginya. Itu menjadi pilihan Anda seiring waktu hidup Anda berjalan. Apa yang Anda belum miliki saat ini bukan menjadi alasan untuk Anda berkecil hati dan bersedih. Masa memiliki itu akan datang. Tinggal waktunya, apakah Anda ingin mempercepat kedatangannya atau malah memperlambatnya.

Jika itu keuntungan maka percepatlah kedatangannya, jika itu adalah kesialan maka perlambatlah kehadirannya. Disinilah kita berdamai dengan nasib yang kita tentukan sendiri. Lakukan hal-hal terbaik yang bisa Anda wujudkan saat ini. Terapkan semi-disiplin dalam hidup Anda. Agar kejenuhan menjauhi aktivitas Anda. Seorang teman mendoakan dalam katanya “semoga hari ini, mimpi anda untuk menjadi kaya dapat terwujud”. Kalimat ini bisa saja kita berdamai dengan hati dan perasaan kita bahwa, memang benar bahwa setiap hari kita harus menjadi kaya. Namun sebagian orang pasti takut berdamai dengan kekayaan. Bagi mereka kaya hati lebih utama daripada kaya harta, padahal kalau bisa sejalan, apa salahnya. Kita terlalu munafik untuk mengejar harta kekayaan. Kita takut akan kesalahan diri memanfaatkannya, padahal semkin kita menyalahkan diri untuk melakukan hal-hal besar maka akan semakin mengubur potensi diri yang cinta akan damai dalam mengolah hidup dengan lebih baik lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s