Kelelahan itu karena rutinitas

Kelelahan itu datang cepat dikarenakan seluruh energi kita terporsir pada satu rutinitas saja. Kebanyakan dari rutinitas kita itu sudah menjadi makanan sehari-hari sehingga dalam pelaksanaannya, sudah sedikit keterlibatan jiwa kita didalamnya. Hal ini yang memicu hormon semangat kita berkurang dan memicu terjadinya kelelahan di waktu dini.

Bagaimana cara menghindarinya? Salah satu caranya adalah awali sesuatu dengan proses tafakkur. Tafakkur yang yang harus dilakukan adalah sadari bahwa hidup ini begitu singkat. Kemampuan fisik tubuh kita ada batas pakainya, maka dari itu, maksimalkan kinerjanya sebelum itu menjadi hilang dikarenakan oleh pengikisan proses waktu.

Kelelahan itu bisa ditunda dengan memicu beberapa hormonal kita. Hormonal yang dimaksud diantaranya hormon endrofin, yaitu hormon untuk pereda rasa sakit dan pembangkit semangat, hal ini dijelaskan oleh Judith Orloff, MD, psikiater dari UCLA.

Kelelahan ini bisa kita bendung dengan membentuk karakter hidup positif. Ada 9 hal yang membentuk dan membangkitkan energi kita diantaranya, (Source : realsimple.com)

• Dapatkan pembangkit energi dari mencoba sesuatu yang baru

Penelitian baru-baru ini mengkonfirmasikan apa yang para pengeliling dunia dan orang dewasa pecandu pengetahuan telah ketahui: Pengalaman-pengalaman baru memberikan diri Anda suntikan semangat. “Kita mengetahui bahwa ketika seseorang melakukan sesuatu yang baru, otak menghasilkan zat kimia dopamine yang dilepaskan,” ujar Gregory Berns, M.D., seorang neurosaintis di Universitas Emory, di Atlanta. Tetapi pengalaman baru telah menambahkan keuntungan baru. “Apa yang kita temukan selama lima tahun terakhir,” ujar Berns, “bahwa dopamine juga memotivasi zat-zat kimia yang mendorong kita untuk melakukan lebih lagi.” Dengan kata lain, ambillah sebuah perjalanan atau pelajarilah bahasa Spanyol dan Anda mungkin akan merasa terinspirasi untuk memulai sebuah project baru di rumah ataupun di pekerjaan.

• Dapatkan pembangkit energi dengan bergerak aktif

Semakin aktif Anda, semakin baik lagi sirkulasi Anda. Sirkulasi yang baik itu “sangat penting untuk energi dikarenakan darah adalah transportasi oksigen dan nutrisi – bahan bakar untuk sel-sel – untuk otot-otot, otak, dll.,” ujar internis Jacob Teitelbaum.

Jika Anda memiliki meja kerja, bangkitlah dari sepanjang hari – sejam sehari adalah ideal – untuk memberikan tubuh Anda istirahat dari aktifitas-aktifitas seperti mengetik dan menatap computer. Juga, berdirilah ketika Anda sedang menelepon atau berkeliling kantor. Ketika Anda merasa kaku duduk, seperti dalam perjalanan panjang di mobil, lakukanlah putaran leher dan mengangkat bahu dan putar-putarlah kaki Anda untuk menjaga darah tetap bersirkulasi.

Dan berdirilah tegak. Postur tubuh yang baik membuka rongga dada dan meningkatkan pengambilan oksigen sebanyak 30 persen, membuat lebih banyak lagi energi tersedia bagi pikiran dan otot Anda, ujar Teitelbaum.

• Dapatkan pembangkit energi dengan bernafas yang dalam

Bernafas yang dangkal membuat tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Kebanyakan orang gagal untuk bernafas yang dalam ketika mereka merasakan ketegangan, dimana itu adalah satu alasan ketika mungkin merasakan kelelahan mendadak di akhir hari yang penuh stress. “Prinsip-prinsip umum dari bernafas yang benar adalah buatlah itu menjadi lebih dalam, lebih lambat, lebih tenang, dan lebih teratur,” ujar Weil. Dengan melakukan hal-hal tersebut akan menolong Anda menghirup oksigen ke dalam sel-sel Anda, dimana akan melambatkan denyut jantung, merendahkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, dan yang pastinya menyediakan lebih banyak energi.

• Dapatkan pembangkit energi dengan berolahraga

Olahraga yang teratur meningkatkan persediaan energi dengan mengkondisikan tubuh untuk menggunakan oksigen dan glukosa dengan optimal, itu adalah dua hal sumber energi yang utama. Anda hanya membutuhkan 30 menit dari berlatih, tiga kali seminggu, untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan kardiovaskular yang memimpin ke vitalitas yang meningkat.

Ada bukti bagus bahwa hanya dengan berjalan secara teratur bisa meningkatkan energi, Dalam riset yang sedang berjalan mengenai hubungan antara mood dan aktifitas, telah ditemukan bahwa semakin banyak langkah-langkah yang diambil oleh sang subyek penelitian, semakin enerjik pula perasaan yang mereka rasakan.

• Dapatkan pembangkit energi dari makan

Makanlah secara konsisten – tiga makanan utama yang cukup dengan snack diantaranya – menjaga tingkat gula darah Anda, hingga Anda tidak mengalami tinggi dan rendahnya yang terjadi ketika Anda pergi terlalu lama tanpa makanan. Idealnya, semua makanan utama dan snack Anda haruslah mengandung karbohidrat (dari bahan-bahan gandum) untuk menyediakan energi, dan protein (kacang-kacangan, keju) untuk memberikan Anda daya tahan.

• Dapatkan pembangkit energi dengan melakukan hal-hal yang membangkitkan semangat Anda

Orang-orang yang asyik, musik ritmis, dan film-film lucu bisa meningkatkan tingkat energi Anda, temuan para periset. “Faktanya, apapun yang membuat Anda merasakan senang dapat meningkatkan tingkat endorfin Anda – zat kimia yang sama yang keluar ketika Anda berolahraga. Mendengarkan musik dapat menyegarkan tubuh dengan mengaktifkan beberapa area pada otak dalam sekali waktu sekaligus, membangun koneksi-koneksi baru pada syaraf. Itu juga meningkatkan pergerakan oksigen ke jantung, yang akan lebih menyegarkan Anda juga.

Selagi Anda menanam kehidupan Anda dengan pengalaman-pengalaman yang enerjik, cobalah untuk menghindari orang-orang dan kegiatan-kegiatan yang membuat Anda merasa down dan menghabiskan energi Anda – si penggerutu, si orang yang selalu berkata negatif.

• Dapatkan pembangkit energi dengan meminum cairan

Tubuh Anda membutuhkan air untuk mengantarkan oksigen ke sel-sel Anda. Jauhkan diri Anda dari cairan yang mencukupi dan Anda mungkin akan merasakan kelelahan atau menjadi sakit kepala. Selagi tidak ada angka ajaib untuk ukuran cairan yang perlu dikonsumsi setiap harinya, para ahli mengatakan bahwa Anda setidaknya meminum empat gelas tinggi berisi air mineral atau minuman rendah kalori.

Kafein sering mendapat ‘dampratan,’ tetapi gunakan dengan tepat, itu akan membangkitkan energi Anda. Masalahnya banyak orang minum terlalu banyak di pagi hari, hingga energi mereka terkumpul di awal hari, dan mereka membutuhkan lebih banyak lagi untuk tetap menjaga energi itu. Cobalah untuk membatasi diri Anda dengan satu cangkir kopi di pagi hari dan, jika Anda harus melawan kantuk Anda di malam hari, setengah cangkir setelah makan siang. Pikirkan untuk berpindah ke teh hijau, yang mengandung kafein tetapi juga theanine, zat menenangkan yang melawan kegugupan yang disebabkan kafein.

• Dapatkan pembangkit energi dengan mengurangi obsesi

Ketika pikiran Anda terbeban berlebihan, tubuh Anda mengeluarkan hormon-hormon stress, seperti kortisol, yang jika berlebihan bisa mendatangkan kerusakan pada tubuh. Itu juga membuat jatuh tertidur menjadi sulit dengan menekan hypothalamus, bagian dari otak yang bertanggung-jawab untuk menurunkan temperature tubuh hingga Anda bisa berganti ke mood tidur. Khawatir seperti menaruh lubang di tangki gas Anda, hingga setidaknya Anda melakukan sesuatu untuk menghentikannya, Anda menghabiskan energi begitu saja.

• Dapatkan pembangkit energi dengan pergi keluar

Setidaknya sekali dalam hari kerja, pergilah keluar kantor. Penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan memberikan pembangkit energi dengan mengurangi hormone-hormon stress dan menurunkan tekanan darah. Sinar matahari juga bisa meningkatkan produksi tubuh akan serotonin, yang menaikkan mood dan meningkatkan energi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s