Rasanya mundur itu?

Mundur itu apakah hanya sebatas perasaan? Jika iya, cepat-cepatlah perbaiki. Ubah secepatnya sebelum dia menarik efek ke dunia nyata. Jika mundur itu adalah sebuah sikap, maka tafakkurlah, ada apa gerangan penyebabnya? Jika itu karena kejenuhan, maka ubahlah pola sikapnya. Jika penyebabnya adalah ketidaktahuan maka apa yang lebih baik dilakukan selain belajar.

Tumbuhan itu seumur hidupnya tidak pernah protes mengapa dia hidup tanpa berpindah tempat. Hewan itu seumur hidupnya tidak pernah protes, mengapa dia harus mengikuti hukum rimba, yang kuat yang menang. Namun kita adalah manusia, kita memiliki semuanya. Kita bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, kita bisa berkarya dan belajar dari satu kesalahan menjadi banyak kebaikan. Kita mampu membedakan siapa yang harus dimenangkan dan siapa yang harus dikalahkan dengan parameter norma-norma hidup yang ada.

Maka, kemunduran itu merupakan proses hidup kita, namun tetap maju adalah pilihan terbaik kita. Karena sesuatu yang sudah kita tahu sebagai kelemahan kita haruslah kita balik menjadi kelebihan tersendiri buat kita.

Rasanya mundur itu adalah pilihan terakhir dari 1000 pilihan yang ada. Anda harus maju ke posisi pemenang, jangan jadi “loser” atau pecundang, karena sekali jadi pecundang maka potensi Anda akan semakin terbenam. Kini dan selamanya Anda akan menjadi pemimpin untuk diri dan potensi yang ada di dalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s