a little life

Damainya bersama kehidupan kita sendiri, tanpa diganggu oleh kesibukan memikirkan orang lain tanpa diminta. Kita lebih sering menghabiskan waktu untuk memikirkan masalah orang lain sehingga masalah untuk diri sendiri menjadi kabur dan tak dapat memilah masalah pokok yang harus diselesaikan.

Terkadang kita memperjuangkan hal-hal kecil dengan mengorbankan hal-hal yang besar. Mudah bagi orang lain belum tentu buat kita. Untuk itu, mulai sekarang bijaklah melihat aktifitas yang bisa dilakukan dengan tanpa menghilangkan waktu berharga kita untuk beribadah pada Allah SWT. Beribadah pada-Nya, adalah konsep kehidupan kecil di dunia namun kehidupan besar di akherat.

Kita terlahir bukan untuk menantang hidup apalagi dunia ini. Harta, carilah dengan cara halal lalu bentuklah dunia dan kehidupan kecilmu bersama keluargamu yang soleh dan soleha. Maka rahmat Tuhanmu akan turun dari langit bagai air hujan. Gapailah kebahagiaan dengan mengumpulkan keluargamu di meja makan, bersama bercerita tentang hari yang berlalu dan mencari solusi untuk hari esok.

Setelah itu bagilah kepedulianmu kepada sesama. Lihatlah tetanggamu (bukan untuk di gosip kan) bantulah dia jika memang membutuhkan uluran tanganmu namun berilah dia semangat jika diminta bahwa hidup ini belumlah berakhir, masih banyak hal yang perlu kita lakukan. Selama napas masih di dalam dad maka manusia harus terus memiliki harapan, “a little life”.

Bentuklah keluarga sesuai dengan ajaran Islam. Maka kelak tidak ada daftar penyesalan dalam amalmu kelak. Mundurlah selangkah untuk melihat aktiitas anak-anakmu. Sapalah mereka sebelum itu berakhir dalam usiamu. Tuntunlah semaksimal mungkin diake arah jalan agama. Peran orang tua dalam hidup anak itu tak ada batasnya. Maka, berikan jejak suci dirimu pada jiwa-jiwa anak soleh lagi soleha. Assalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s