Antara Hati dan Otak

Assalam–Antara hati dan Otak, ada apa diantara mereka? Postingan kami sebelumnya tentang menemukan kekuatan yang berasal dari hati telah mengantar kami pada pemahaman yang baru yaitu memang benar bahwa konsep hati-lah yang lebih banyak memberi perintah ke otak dari pada otak ke hati. Namun, di sisi lain konsep sebaliknya harus kita pelajari pula.

Karena perintah hati ke otak itu tergantung pada yang istilahnya “mood”. Seorang yang profesional harus bisa segera merubah perasaan yang ada di hatinya untuk menjadi ceria kembali. Misalnya, duit kita dicuri oleh orang jahat maka sesaat kita memang bersedih tetapi saat itu pula otak kita harus memberi sinyal ke hati bahwa semuanya itu adalah milik Allah SWT dan suatu saat akan hilang walau pun dengan cara-cara yang tidak terpikirkan.

Inilah yang saya maksud bahwa perintah otak ke hati harus kita pelajari dengan suatu metode science of focus. Karena, di zaman sekarang, profesionalisme sangat dibutuhkan. Makanya setiap perasaan fitrah kita seperti sedih, bermuram durjana, dongkol dan lain-lain harus segera diputar dengan fokus pikiran kita dan meyakinkan hati kita bahwa semua itu akan segera berubah jika kita menginginkannya berubah. Demikian dilema antara hati dan otak dimana keduanya saling menyokong tubuh ini untuk selalu menjadi yang terbaik.

Ingat, proses perintah hati ke otak memamg mendominasi tapi konsep ini dimiliki oleh semua orang dan akan terhalangi jika bukan jalan cahaya yang dia ikuti. Makanya konsep perintah otak ke hati pun harus kita miliki agar ilmu yang kita peroleh dapat diproses oleh akal untuk menentukan tingkat atau kadar kebenaran dari sebuah informasi, maka barulah hati yang akan menentukan, ini benar atau salah. Semoga kita terlindungi dari kejahatan diri sendiri dalam menafsirkan banyak tanda-tanda yang oleh Allah SWT telah gariskan dalam Al Quranul Qarim yang

Artinya: ”Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling daripadanya.” (Q.S. Yusuf, 105).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s