Manusia harus memanusiakan yang lain

Mengerti akan hidup tidak akan cukup sekedar mencari materi. Ada dua konsep yang perlu digaris-bawahi. Pertama hubungan manusia dengan penciptanya yang terbentuk dalam spiritual dan yang kedua hunbungan manusia dengan manusia lainnya yang terwujud dalam saling memanusiakan, saling memberikan ruang hidup dan kesadaran yang maksimal bahwa kita hidup harus saling berdampingan.

Manusia yang tidak mampu mewujudkan konsep yang kedua ini maka akan buta hatinya untuk menatap dunia ini dengan penuh cinta dan misi untuk mewujudkan perdamaian.

Namun, kita seharusnya terus belajar untuk menemukan sebuah atau lebih konsep menata kehidupan sosial bermasyarakat kita sehingga tidak perlu lagi ada ketimpangan sosial di dalam masyarakat yang mampu mengundang bahaya laten kejahatan kriminal yang tentunya kembali dapat mengganggu secara global ke masyarakat.

Pendidikanlah yang utama yang harus dimasuki dengan nilai-nilai norma kemanusiaan dan itu harus diterapkan mulai dari rumah melalui seorang ayah dan ibu lalu disuntik oleh para guru di sekolah lalu dimantapkan oleh para pemuka agama. Saya yakin, perdamaian itu ada walapun sulit untuk mewujudkan.

Semoga manusia mampu memanusiakan yang lain sehingga kita semua bisa fokus pada perbaikan hidup menuju kelimpahan dan kebahagiaan. Amin. 

Natural Resource Management: The Human Dimensions (Social Behaviour & Natural Resources)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s