Ketakutan dalam Hidup

Terkadang ketakutan itu muncul akibat pelajaran yang telah dilihat dari seseorang dan kita mengambil kesimpulan bahwa orang itu gagal dalam hidupnya sehingga untuk menghindari kegagalan orang itu maka jangan mengikuti jalan hidupnya. Kita memang harus memikirkan masa depan kita dengan belajar dari kehidupan orang lain. Namun, hidup hanya sekali, sampai kapan kita akan merancang masa depan dari ketakutan hidup orang lain?

Hidup kita saja, masih belum bisa diprediksi. Kekuatan takdir memang telah mengikat hidup kita, akan tetapi arah takdir itu sendiri masih bisa kita pilih mau kemana arah perjalanannya. Belajar yang berlebihan dari tokoh hidup kita akan membatasi jalan hidup kita sendiri. Banyak penyelasan terlahir dari pembatasan hidup yang ingin dilakukan, bukan dari apa yang telah dilakukan. Untuk itu, perbanyak kegiatan yang masih bisa dilakukan, hasilkan karya yang masih bisa kita ciptakan, lakuakn yang terbaik selama kita masih bisa mengenal bahwa itu kebaikan karena hidup yang tidak terbatas adalah hidup yang sempurna untuk seseorang, tak ada beban, tak ada yang menjadi alasan mengapa kita bertahan, kita bertahan demi sesuatu yang telah diciptakan dan ingin kita merasakan ilmu yang terdapat di dalamnya, itulah petualangan hidup.

Masih banyak yang bisa kita gapai dengan pengetahuan yang sederhana. Hakikat kebenaran hidup adalah mengisinya dengan kebaikan dan kebaikan itu sendiri telah dititipkan dalam hati setiap manusia. Mari hidup dengan kekayaan karya yang kita ciptakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s