Cara Mengatasi Emosi Negatif

Semua orang ingin bahagia dalam hidup, atau setidaknya saya jarang bertemu orang yang ingin menjadi bahagia dan berhasil. Sebagian besar dari kita, bagaimanapun, bergulat dengan emosi negatif sepanjang hidup kita pada energi kekalahan dan membuat sulit untuk mengalami hidup bahagia dan produktif. Kita mungkin bertanya-tanya apakah emosi tersebut merupakan karakteristik untuk kita saja. Kita mungkin bertanya-tanya apakah mereka yang sukses benar-benar asing bagi pengalaman kita?.

Ada banyak emosi negatif, tetapi yang paling umum mungkin kecemburuan, ketakutan, dan terutama kemarahan. Anda dapat mengarahkan kemarahan Anda dalam hati bila Anda tetap menahannya atau bersabar bukannya menyatakan keras-keras. Sebaliknya, jika Anda memilih untuk menyerang melawan orang lain, maka Anda mengarahkan kemarahan Anda secara lahiriah. Kedua bentuk tersebut bisa merusak Anda dalam berbagai cara. Kedua jenis kemarahan, bersama dengan emosi negatif lainnya, Anda akan dapat getah dari energi negatif itu dan bahkan menyebabkan penyakit psikosomatik.

Siapapun yang telah menderita dari efek fisik dari stres tahu bagaimana pikiran dapat mempengaruhi tubuh. Emosi negatif dapat melemahkan tubuh Anda dan membuatnya lebih rentan terhadap penyakit, dan ledakan kemarahan dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular Anda dan membawa gangguan saraf. Pentingnya efek psikologis penyakit tidak dapat diremehkan.

Hal yang menakjubkan adalah bahwa emosi negatif biasanya dapat ditelusuri ke asal tunggal: kemauan dan kemampuan Anda untuk menyalahkan orang lain untuk masalah-masalah dalam hidup Anda.

Waktu berikutnya Anda menjadi marah, cobalah latihan sederhana. Katakanlah dengan suara keras, “Saya bertanggung jawab.” Tindakan sederhana menerima tanggung jawab membuat sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk merasa marah dan menyalahkan orang lain. Ketika Anda membuat kebiasaan untuk menerima tanggung jawab, Anda akan menghilangkan emosi negatif dan merasa diberdayakan untuk benar-benar melakukan sesuatu tentang masalah Anda.

Tentu saja, menerima tanggung jawab dan menolak untuk menyalahkan orang lain membutuhkan sejumlah besar disiplin diri, sehingga Anda harus bekerja pada ini sedikit setiap hari sampai Anda menguasai kecenderungan Anda sendiri.

Bagaimana bila sesuatu terjadi pada Anda yang benar-benar di luar kendali Anda, seperti bencana alam? Nah, Anda mungkin tidak bertanggung jawab atas peristiwa tertentu, tapi Anda bertanggung jawab atas tindakan Anda sendiri dan tanggapan terhadap keadaan tersebut. Pada akhirnya, Anda hanya dapat mengontrol kata-kata Anda sendiri dan perbuatan, tetapi ini biasanya cukup untuk membuat perbedaan yang sangat positif dalam hidup Anda.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s